Monday 25 May 2015

Tips Memilih Jurusan Dalam Perkuliahan




Hai youngster, kali ini saya akan berbagi tips memilih jurusan dalam perkuliahan bagi kalian semua yang baru lulus SMA atau yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Disini teman-teman SMA dihadapkan pada pilihan yang sangat banyak mungkin ada ratusan pilihan jurusan di seluruh Universitas baik di dalam maupun di luar negeri. Ada yang sudah mengincar dan menentukan pilihan sejak pertama masuk SMA/SMK atau bahkan sebelumnya, ada juga Youngster yang menentukan pilihan saat mengisi formulir masuk Perguruan Tinggi. Semua itu tidak menjadi masalah selama Youngster yakin akan pilihan tersebut. Berikut ini ada tips untuk memilih jurusan yang cocok dengan keinginan Youngster:

  • Pilihan jurusan waktu SMA bisa sedikit membantu


Penjurusan di SMA biasanya ada 2 yaitu IPA dan IPS. Hal ini bisa menjadi acuan untuk memilih jurusan di perkuliahan. Misal, Youngster masuk kelas IPA waktu SMA dan menyukai pelajaran Kimia serta mendapat nilai yang bagus. Maka jangan ragu untuk memilih jurusan seperti Teknik Kimia atau Farmasi, karena anda sudah punya modal yang cukup untuk mengawali perkuliahan, selanjutnya hanya akan mengkiti perkuliahan dan menambah pengetahuan anda tentang Kimia. Tetapi hal ini tidak selalu bisa menjadi sebuah acuan untuk memilih jurusan, terkadang lulusan IPA masuk ke jurusan kebalikannya seperti Ekonomi atau Sosial, itupun bisa terjadi pada lulusan IPS. Untuk Youngster lulusan SMK lebih mudah memilih jurusan di perkuliahan, hanya tinggal menyesuaikan jurusan yang diambil waktu SMK.

  •  Lihat skill yang kita miliki terkadang itu muncul dari hobi


Keterampilan anda bisa menjadi referensi tersendiri. Ini biasanya lebih mudah membantu anda dalam memilih jurusan di perkuliahan. Mengapa?? Karena disaat kita memiliki skill atau keterampilan yang biasa kita lakukan, maka ketika kita mengaplikasikannya ke dalam perkuliahan hal itu akan terasa mudah dan menyenangkan. Contoh, Youngster mempunyai skill berbahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan, karena sejak kecil sudah mengikuti kursus bahasa Inggris sampai level tertinggi. Dengan skill yang seperti inilah anda tidak perlu ragu untuk memilih jurusan Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris. Bahkan jika anda mau, bisa mendaftar ke Universitas di luar negeri.

  •  Lihat passion anda

Passion bisa disebut juga keinginan besar untuk mendapatkan atau melakukan sesuatu. Caranya mudah, coba ingat cita-cita anda atau tentukan cita-cita anda. Misalkan Youngster mempunyai cita-cita sebagai pengacara, sudah pasti Youngster bisa memilih jurusan Hukum. Jika ingin berprofesi sebagai Akuntan, bisa memilih jurusan Akuntansi.

  • Cari tahu tentang jurusan favorit anda

Anda bisa memulai mencari informasi tentang jurusan dalam perkuliahan mulai dari orang tua sampai orang terdekat anda. Jika kurang puas, Youngster bisa membuka website Universitas yang akan atau ingin anda masukki. Disitu anda bisa mendapat info tentang berbagai macam jurusan yang ada di Universitas tersebut. Biasanya infonya tentang deskripsi jurusan dan apa saja yang dipelajari disana atau jika Youngster lebih semangat untuk mencari tahu, mungkin anda bisa mendapat mata kuliah apa saja yang disediakan oleh jurusan.

Nah, itulah tips untuk memilih jurusan dalam perkuliahan. Yang terpenting adalah memantapkan niat Youngster semua untuk memilih jurusan agar yakin dapat bisa mengikuti perkuliahan dengan baik kelak. Semoga Bermanfaat!!


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Live Like a Youth Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger