Friday 29 May 2015

Lembaga Pengembangan Karir Universitas: Mahasiswa Harus Manfaatkan Ini!!



Go Youth!! Kali ini saya akan membahas lembaga pengembangan karir universitas. Apa itu? Pengembangan atau pembinaan karir adalah salah satu lembaga universitas yang ditujukan untuk mengintegrasikan kegiatan akademik dengan dunia kerja. Singkatnya, lembaga ini membantu mahasiswa atau wisudawan mengenal dunia kerja. Setiap universitas baik Negeri atau Swasta Umumnya mempunyai lembaga semacam ini untuk memantau dan membantu alumnusnya setelah lulus kuliah. Lembaga seperti ini disebut juga sebagai JPC (Job Placement Center) yang memiliki salah satu agenda wajib yaitu menyelenggarakan Job Fair atau Bursa Kerja setahun atau dua tahun sekali. Tidak hanya itu, lembaga ini juga rutin membuat seminnar pelatihan seputar dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa contoh JPC universitas yang ada di Indonesia:


Career Development Center Universitas Indonesia adalah  lembaga pengembangan karir Universitas Indonesia. CDC-UI mempunyai empat kegiatan utama yaitu Program Persiapan Karir yang bertujuan untuk mengembangan potensi lulusan agar bisa bersaing di dunia kerja. Program Rekrutmen/bursa kerja adalah fasilitas untuk perusahaaan, instansi, atau industri yang ingin memasang iklan lowongan di CDC-UI dengan menghubungi petugas. Selanjutnta adalah UI Career & Scholarship Expo, ini  adalah Job Expo yang rutin digelar CDC-UI setiap tahunnya untuk mempertemuka lulusan yang siap kerja dengan perusahaan, tidak hanya itu, event ini juga menampilkan pameran beasiswa dari dalam dan luar negeri. Yang Terakhir adalah Tracer Study yang bertujuan untuk memantau lulusan yang dilakukan 1-3 tahun setelah lulus.


ITB career Center adalah lembaga di bawah naungan Kemahasiswaan ITB yang memberi layanan tetang karir bagi mahasiswa dan alumnia melalui info lowongan kerja, magang, beasiswa dan tips. Agenda utama ITB Career Center adalah Integrated Career Center yang diadakan dua kali setahun. Sama seperti CDC-UI, ITB Career Center memberikan layanan apply online dengan cara menjadi member. Untuk menjadi member seumur hidup, bagi mahasiswa dan alumni ITB tidak ada biaya alias GRATIS. Sebaliknya untuk Mahasiwa atau Alumni Non-ITB harus membayar sebesar Rp.90.000,00 untuk membership seumur hidup dan bisa memakai fasilitas yang disediakan ITB Career Center.


Engineering Career Centre adalah pusat pengembangan karir yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada. Ada tiga program utama ECC UGM yaitu Program Bursa Kerja yang terdiri atas Career Days UGM (Offline Job Fair) dan Graduation Fair (Online Job Fair). Kedua, Program Pengembangan Karir yang terdiri dari ECC Self Diagnostic Tools, Konseling Karir, Training, dan Friday Indepth. Yang terakhir, Informasi Karir yang terdiri dari Career news online, E-Magz, dan Newsletter. ECC UGM juga menyediakan fasilitas apply online dengan menjadi member lifetime. Untuk mahasiswa atau alumni UGM tidak ada biaya registrasi sedangkan untuk mahasiswa dan alumni non-UGM dikenakan biaya Rp.100.000,00. Banyak keuntungan memnjadi member di ECC UGM salah satunya adalah konseling oline dengan psikolog, latihan psikotes dan latihan kemampuan bahasa asing.


Student Advisory Center Institut Sepuluh Nopember Surabaya adalah lembaga pengembagan karir ITS. Lembaga ini ditujukan untuk perusahaan yang mau membuka lowongan dan mahasiswa atau alumni yang akan mencari kerja. Agenda yang ditunggu – tunggu oleh Jobseeker adalah Bursa Karir ITS yang rutin diselenggarakan setiap tahun.


Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga adalah lembaga mengkoordinir semua kegiatan pencarian kerja bagi lulusan baru. Lembaga ini mempunyai beberapa fasilitas layanan seperti Pelatihan dan Konsultasi Karir, Pengembangan Teknologi,dan Kewirausahaan UMKM. PPKK melakukan agenda rutin seperti seminar pelatihan kerja, pelatihan kewirausahaan, dan tentunya Airlangga Career Fair yang ditunggu – tunggu oleh Jobseeker dari Surabaya dan sekitarnya. PPKK UNAIR juga memberikan fasilitas Apply Online dengan mendaftar sebagai member terlebih dahulu.


Itu dia beberapa contoh lembaga pengembangan karir unversitas, masih banyak lembaga seperti ini, mungkin setiap universitas mempunyai lembaga seperti ini. Bagi Youngster yang masih berkuliah dan ingin magang atau mendapat pelatihan karir dan juga bagi Youngster yang baru lulus kuliah, jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh universitas kalian. Segera cari info lengkapnya dengan mendatangi sekretariat lembaga pengembangan karir masing – masing.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Live Like a Youth Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger