Wednesday 24 June 2015

ENAKIN HARIMU!! : Tugas Selesai Kuliah Lancar


Go Youth!

Bulan Juni biasanya bulan yang mungkin mahasiswa ingin melewatinya alias ‘skip’. Juni dan Juli adalah bulan terakhir dari semester genap yang artinya adalah mahasiswa harus menemui teman lama mereka yaitu ujian akhir semester atau UAS. Nah, biasanya sih UASnya ‘sit-in’ tetapi tidak jarang para dosen menggantinya dengan tugas ‘take home’ dengan alasan tertentu. Mahasiswa pun tidak bisa menghindar dari keputusan dosen dan harus mengerjakan tugas – tugas tersebut dan mengumpulkannya tidak lebih dari batas waktu pengumpulan yang telah ditentukan. Terkadang mahasiswa mendapat 3 sampai 4 bahkan 5 tugas dari mata kuliah yang berbeda. Tingkat kesulitan tugasnya juga berbeda mulai dari tugas menjawab pertanyaan yang sudah dibuat oleh dosen, me-review bab tertentu dari buku, hingga makalah penelitian. Wah, kalo ngebayangin tugas yang beraneka ragam puyeng juga ternyata.

Eitts, jangan dibayangin terus bro! malah gak selesai tuh semua tugasnya!. Tenang saja, berikut ini saya akan berbagi tips ENAKIN HARIMU : mengerjakan tugas agar lancar dan selesai tepat waktu.

1.      Kosongkan Jadwal

Mahasiswa biasanya mempunyai jadwal padat selain kuliah seperti ikut organisasi, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dan magang. Jadwal padat seperti ini bisa mengganggu mahasiswa untuk menuntaskan tugasnya. Jika kalian punya jadwal padat, cobalah luangkan waktu untuk tugas yang harus diselesaikan. Tipsnya adalah kosongkan jadwal yang biasanya penuh untuk hal lain selain kuliah menjadi jadwal mengerjakan tugas. Minimal mahasiswa bisa meluangkan waktu 2-4 jam sehari untuk mengerjakan tugas, sebaiknya setelah pulang kuliah. Atau dengan cara lain seperti menjadwalkan sehari penuh yang didedikasikan untuk berkencan dengan tugas. Mahasiswa bisa pilih hari apapun, yang penting jangan sampai bolos kuliah cuma untuk menyelesaikan tugas.

2.      Pilih tempat yang mendukung

Tempat yang dipilih oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas sangat bisa mempengaruhi selesai atau tidaknya sebuah tugas. Hal ini tergantung dari pribadi masing – masing pastinya. Ada yang suka mengerjakan tugas di kamar masing-masing dengan menyebarkan buku diatas kasur dan meletakkan laptop di pangkuannya, dengan alasan ingin mendapat privasi dan konsentrasi lebih dan ada juga yang suka mengerjakan di tempat umum seperti perpustakaan, ruang baca kampus, hingga cafe. Semua itu boleh dilakukan, asal perhatikan hal-hal ini sebelum memilih tempat untuk mengerjakan tugas. Pastikan tempat pilihanmu mendukung perlengkapan tempur kamu seperti stop kontak untuk charger laptop dan koneksi internet yang bagus. Jika anda tidak punya cukup referensi untuk mengerjakan tugas, maka alangkah baiknya anda mengerjakan di perpustakaan universitas atau ruang baca fakultas.

3.      Pilih tugas yang mudah atau yang disukai terlebih dahulu

Memilih tugas yang mudah atau yang disukai sangat penting untuk menjaga mood untuk mengerjakan tugas selanjutnya. Mengapa demikian?.  Karena ketika kita mengerjakan sesuatu yang mudah atau yang kita sukai, maka mengerjakan tugas akan terasa menyenangkan dan cepat terselesaikan. Mood dan semangat ini secara tidak langsung akan terbawa saat mengerjakan tugas selanjutnya. Tetapi ingat, jangan meremehkan tugas yang mudah sehingga menunda mengerjakan tugas tersebut, hal ini bisa menjadi boomerang buat kita.

4.      Refreshing

Hal ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa ketika mengerjakan tugas yang menumpuk. Tentu saja ini juga bermanfaat untuk menjaga mood saat mengerjakan tugas. Ketika lagi suntuk dengan semua tulisan yang ada di buku, jurnal dan artikel, mahasiswa harus berhenti sejenak untuk me-refresh otak. Komputer aja perlu di refresh apalagi otak bro!. Jika kita kembali merujuk pada poin nomor 1 yang mengatakan bahwa mengosongkan jadwal seharian untuk mengerjakan tugas, disinilah harus ada aktivitas refreshing. Mahasiswa bisa melakukan hal-hal yang bisa menjaga mood seperti makan, tidur sejenak maksimal 2 jam, stretching atau peregangan otot, dan lainnya tergantung dari pribadi masing – masing. Hindari hal-hal yang bisa menimbulkan kelelahan berlebih seperti nonton DVD untuk refreshing. Ini bisa memecah konsentrasi anda meskipun ini bisa memperbaiki mood anda. Tetapi menonton film bisa membuat mata anda lelah sehingga tidak memungkikan untuk melanjutkan pekerjaan dan akhirnya menunda mengerjakan tersebut.

5.      Jaga kondisi tubuh

Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa agar tetap bisa menjalani kegiatan perkuliahan dengan baik. Kondisi tubuh yang kurang fit dapat mengganggu aktivitas padat mahasiswa. Untuk mengerjakan tugas yang menumpuk, kondisi tubuh yang fit bisa menunjang performa mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dan kualitas tugas yang diselesaikan akan jauh lebih baik daripada tugas yang diselesaikan dengan kondisi tubuh yang tidak fit. Contoh gangguan kondisi tubuh saat mengerjakan tugas adalah Kaku, Kram, Kesemutan, Kebas dan Kedutan pada mata atau yang biasa disebut 5K. Saat kita fokus mengerjakan tugas di depan laptop dengan durasi yang cukup lama hingga 4 jam, bisa menyebabkan kaku pada pundak dan akan terasa berat. Cara mengetik yang tidak meletakkan lengan di atas meja alias ‘menggantung’ juga bisa menyebabkan kesemutan pada lengan. Mengerjakan tugas dengan bersila atau ‘lesehan’ juga bisa menyebabkan kesemutan pada kaki. Ini semua sangat mengganggu kinerja kita. Maka dibutuhkan stretching dan vitamin untuk saraf atau biasa disebut NEUROVITAMIN.
Sumber: http://nevramin.com/
Tidak perlu khawatir akan 5K yang akan mengganggu aktivitas pengerjaan tugasmu. Minum “NEVRAMIN (Neuro Vitamin) yang mengandung Fursultiamin (Vitamin B1 aktif) 50 mg yang lebih cepat bekerja dalam tubuh, plus B6 100mg dan B12 500mcg yang berguna untuk mengatur metabolisme dalam saraf agar produktivitas tubuh tetap terjaga dan terhindar dari 5K kaku, kram, kesemutan, kebas dan mata kedutan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari” (http://nevramin.com/).

Nah itulah tips ENAKIN HARIMU agar tugas selesai dan kuliah jadi lancar. Intinya adalah tidak menunda – nunda tugas hingga deadline dan menjaga kondisi tubuh dengan cara memperbaiki posisi duduk saat mengerjakan tugas dan tentunya minum NEVRAMIN sebelum beraktivitas :D

Selamat Membaca! Semoga Bermanfaat!

Referensi

http://nevramin.com/
http://enakinharimu.com/blogcompetition


Sumber: http://enakinharimu.com/blogcompetition



0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Live Like a Youth Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger