Wednesday 27 May 2015

Pengen Lulus Kuliah Tepat Waktu? Gampang Kok!


Go Youth!! Kali ini akan ada info tentang tips bagaimana menjalani perkuliahan agar bisa lulus tepat waktu. Masa kuliah untuk Sarjana secara umum adalah 4 tahun dan untuk Diploma adalah 3 tahun. Masa kuliah bisa berakhir dengan cepat atau malah molor, hal ini tergantung bagaimana mahasiswa menjalani perkuliahan. Nah, tips berikut ini bisa dicoba oleh Youngster:

  •  Ambil SKS maksimal per semester
SKS adalah Satuan Kredit Semester, semacam skor per semeseter yang digunakan untuk mengambil mata kuliah setiap semesternya. Ibaratnya SKS itu uang dan mata kuliah itu barang. Biasanya jumlah maksimal SKS per semester itu adalah 24 SKS bisa kurang atau lebih tergantung kebijakan setiap universitas. Jika Youngster mengambil rata-rata 20 SKS tiap semester maka anda akan bisa lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Umumnya syarat kelulusan untuk Sarjana itu total beban SKS minimal 144 SKS. Jika sudah mencapai atau melebihi 144 SKS pada semester 7, maka Youngster bisa lulus 3,5 tahun. Usahakan IP tiap semester diatas 3.00 agar bisa memperoleh SKS maksimal.
  • Ambil jatah bolos jika jenuh masuk kuliah
Jatah bolos adalah rejeki mahasiswa yang diberikan oleh universitas. Umumnya setiap mata kuliah mengharuskan mahasiswa untuk memenuhi kehadiran minimal 75% untuk dapat mengikuti UAS. Jadi, Youngster punya 25% dari total pertemuan yang biasanya bisa mencapai 14 pertemuan. Mendapat dua kali jatah bolos bisa Youngster manfaatkan dengan baik apabila ada keperluan mendadak atau sedang jenuh. Jangan bolos ketika jadwal dosen menerangkan materi yang susah atau sedang quiz.

  •  Baca materi sebelum masuk kelas
Ini sebenarnya adalalah kewajiban mahasiswa tetapi jarang untuk melakukannya tanpa ada perintah dari dosen sebelumnya. Biasanya sih dosen memberi ultimatum kalau ada mahasiswa yang belum membaca materi maka akan dipersilahkan keluar kelas dan dihitung absen!! Tentunya Youngster tidak ingin mengalaminya karena ini merugikan, Youngster bisa ketinggalan satu materi nantinya. Membaca materi sebelum kelas ada manfaat tersendiri, selain terhindar dari murka dosen, Youngster bisa mengikuti kelas dengan tenang karena sudah membaca walaupun sedikit. Sempetin aja deh haha 

  •  Membagi waktu kuliah dengan hal lain secara proporsional
Mahasiswa biasanya mempunyai kesibukan lainnya selain kuliah. Misal, kerja, organisasi, lomba atau hal lainnya. Hal ini bisa menyita sebagian besar konsentrasi kita dalam berkuliah, tetapi kesibukan lain seperti ber-organisasi bisa memberi manfaat besar kepada mahasiswa. Softskill yang kecil kemungkinan mahasiswa dapat saat melakukan aktivitas akademik, bisa didapat saat ikut organisasa baik itu di Universitas atau di luar. Pembagian waktu disini sangat penting, untuk menjaga tujuan utama mahasiswa yaitu kuliah. Disini Youngster bisa menaruh konsetrasinya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Yang terpenting dahulukan kuliah karena itu adalah tujuan utamanya. 60:40, 70:30, 80:20 adalah perbandingan ideal antara kuliah dengan hal lain.
  • Perbanyak Teman
Ini adalah jurus pamungkas dan yang terpenting. Lho kok? Kok lho?!! Mahasiswa tidak bisa hidup sendirian dalam perkuliahan. Teman disini bisa membantu anda dalam menjalankan aktivitas akademik. Teman bisa membantu anda mengerjakan tugas kuliah, tempat bertanya tentang materi yang belum anda mengerti, menjadi partner anda dalam kelompok presentasi dan banyak lagi. Jangan pernah hidup sendirian saat kuliah, Susah borrr!!


So, itulah tips lulus kuliah tepat waktu. Masing-masing individu punya cara tersendiri untuk menjalani aktivitas perkuliahan. Tapi, tips ini boleh dicoba lah :D  Semoga bermanfaat!!

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Live Like a Youth Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger