Sunday 21 June 2015

3 Running Apps yang Wajib Terinstall di Smartphone Kamu!


Go Youth!

Lari adalah olahraga sederhana yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan youngster. Hanya butuh sepatu lari untuk melakukan olahraga ini agar terhindar dari cedera. Olahraga ini bisa dilakukan dimanapun sesuai dengan keinginan Youngster seperti, di jalan raya, komplek perumahan, jogging track di taman kota, dan pusat olahraga seperti stadion atau gelanggang olah raga. Youngster juga bisa berlari di dalam ruangan dengan menggunakan threadmill. Untuk waktu sangatlah fleksibel, pagi, sore, atau malam bisa menjadi pilihan Youngster sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Lari belakangan ini sangat populer di kalangan anak muda terbukti dengan banyaknya komunitas lari dan berbagai event lari seru seperti 5K, 10K, Half-Marathon, color run dan light run. Seiring dengan banyaknya anak muda yang menjadikan lari sebagai kebiasaan untuk menjaga kondisi tubuh, maka bisa lari bisa dianggap gaya hidup bagi sebagian anak muda di Indonesia.

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, semua kegiatan bisa didukung oleh teknologi seperti applikasi di smartphone termasuk lari. Umumnya pelari membawa gadget seperti ipod untuk mendengarkan musik sebagai hiburan agar lari menjadi lebih menyenangkan. Tetapi sekarang ada Running Apps yang termasuk dalam aplikasi olahraga yang bermanfaat buat Youngster yang hobi berlari. Aplikasi ini menggunakan sistem GPS yang bisa mengukur jarak, kecepatan dan waktu saat berlari in-Realtime. Berikut ada 3 Running Apps yang wajib terinstall di smartphone:

Nike+ Running

Aplikasi ini adalah milik Nike yang merupakan produsen alat olahraga asal negeri Paman Sam, Amerika. Nike+ Running diperuntukkan bagi pemula hingga profesional untuk memaksimalkan kualitas para pelari. Aplikasi ini memanfaatkan sistem GPS untuk mengukur jarak tempuh, kecepatan, dan waktu mulai dari awal berlari hingga selesai. Selain itu aplikasi ini juga bisa menghitung berapa jumlah Kalori yang terbakar setelah berlari. Yang keren dari aplikasi ini adalah heat-map yang ditampilkan setelah selesai berlari. Sistem ini menghitung kecepatan berlari kita dengan memberi warna hijau untuk kecepatan tercepat, dan warna merah untuk kecepatan terlambat. Aplikasi ini juga memberi semacam penghargaan setelah kita menyelesaikan lari yang bisa dijadikan motivasi tersendiri bagi pernggunannya untuk ‘unlock’ setiap penghargaan yang ada. Masih banyak fitur keren yang ada di aplikasi ini seperti, Invite Friend, Challenges, dan membuat playlist musik kita sendiri.

Adidas miCoach Train & Run 

Aplikasi ini juga milik produsen alat olahraga ternama asal Jerman yaitu Adidas. Aplikasi ini menggunakan sistem GPS untuk mengukur jarak tempuh, kecepatan dan waktu tempuh saat berlari. Aplikasi ini juga mengukur pembakaran kalori saat berlari. Sama seperti Nike+, miCoach memberikan penghargaan ketika pelari telah menyelesaikan lari. Yang spesial dari Adidas miCoach adalah fitur yang bisa meningkatkan kualitas atau performa pelari dengan menyediakan lebih dari 400 latihan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Adapun fitur ‘real-time voice coaching’ dalam aplikasi ini yang bisa membantu pelari untuk menjalankan latihan.

Runkeeper

Aplikasi ini milik perusahaan FitnessKeeper, Inc. Sama seperti dua aplikasi running sebelumnya, fungsi utama aplikasi ini adalah mengukur jarak tempuh, kecepatan, waktu tempuh dan tentunya kalori yang terbakar setelah kita berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur kalender untuk menjadwal lari penggunnanya. Runkeeper juga secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi musik yang ada di smartphone. Adapun fitur untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari.  Fitur ini bernama ‘running for fat loss’ berisi tentang latihan penurunan berat badan yang dirancang oleh Mike Deibler M.S., C.S.C.S seorang ahli kebugaran Amerika sekaligus pemilik San Diego Premier Training.

Nah, itulah 3 aplikasi yang  wajib Youngster install di smarpthone. Semua Running Apps tentu punya fitur yang berbeda untuk mendukung lathian lari setiap orang. Tetapi jangan lupakan fungsi utama Aplikasi ini adalah untuk menunjang dan mingkatkan kualitas lari dan performa pelari. Terlebih lagi, Youngster bisa share kegiatan larinya di media sosial seperti facebook, twitter atau path. Manfaatkan juga fitur ‘invite freinds’ yang disediakan oleh Aplikasi diatas sebagai motivasi untuk berlari lebih giat lagi, agar tidak kalah dengan teman anda :D

Selamat membaca! Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Live Like a Youth Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger